Dari Abu Dzar radhiallahuanhu : Sesungguhnya sejumlah orang dari shahabat Rasulullah shollallohu ‘alaihi wa sallam berkata kepada Rasulullah shollallohu ‘alaihi wa sallam: “ Wahai Rasululullah, orang-orang kaya telah pergi dengan membawa pahala yang banyak, mereka shalat sebagaimana kami shalat, mereka puasa sebagaimana kami puasa dan mereka bersedekah dengan kelebihan harta mereka (sedang kami tidak dapat melakukannya). (Rasulullah shollallohu ‘alaihi wa sallam) bersabda : Bukankah Allah telah menjadikan bagi kalian jalan untuk bersedekah ? : Sesungguhnya setiap tashbih merupakan sedekah, setiap takbir merupakan sedekah, setiap tahmid merupakan sedekah, setiap tahlil merupakan sedekah, amar ma’ruf nahi munkar merupakan sedekah dan setiap kemaluan kalian merupakan sedekah. Mereka bertanya : Ya Rasulullah masakah dikatakan berpahala seseorang diantara kami yang menyalurkan syahwatnya ?, beliau bersabda : Bagaimana pendapat kalian seandainya hal tersebut disalurkan dijalan yang haram, bukankah baginya dosa ?, demikianlah halnya jika hal tersebut diletakkan pada jalan yang halal, maka baginya mendapatkan pahala. (Riwayat Muslim)

Minggu, 27 Mei 2012

Mengatur Margin & Cetak


*      Langkah mengatur margin & ukuran kertas
Word 2003
1.      langkah pertama tentunya  buka dulu aplikasi microsoft word pada komputer kamu. Untuk mengatur ukuran kertas klik pada menu file, kemudian klik pada page setup . .

2.      Sesaat kemudian akan tampil jendela Page Setup, perhatikan gambar di bawah ini, pada gambar di bawah ini sudah saya beri tanda yang kolom-kolom untuk menentukan ukuran  tepi atas, tepi bawah, tepi kanan dan tepi kiri.  Jika ingin menambah ukuran klik pada tanda panas ke atas, dan jika ingin mengurangi ukuran klik pada tanda panah ke bawah. Perlu diketahui semakin besar ukuran yang kamu tentukan, semakin besar pulsa batas tepi tepi kertasnya, begitu juga sebaliknya jika semakin kecil maka batasnya semakin pendek, jadi naskah akan semakin menempel pada tepi kertas.

3.      Jika sudah ditentukan, silahkan klik pada tombol OK
Word 2007
  1. Klik menu ribbon Page Layout
  2. Klik grup Page Setup, klik tombol Margin.
  3. Anda akan diberikan beberapa pilihan margin yang disediakan oleh Microsoft Word, Pilih salah satu diantaranya.
  4. Bila anda sudah pernah membuat dan menggunakan ukuran margin tertentu di luar yang disediakan oleh microsoft , maka ukuran margin tersebut akan disimpan pada item Last Custom Setting yang berada pada posisi pertama.
  5. Bila ternyata margin yang anda inginkan tidak ada pada list yang disediakan, klik item Custom Margin yang ada pada bagian paling bawah. Anda akan diberikan sebuah dialog Page Setup.
  6. Isikan margin sesuai dengan kehendak anda Pada dialog Page Setup yang ditampilkan, misalkan untuk membuat untuk margin kiri 4x4x3x3.
Top     : nilai untuk margin atas, isi kan dengan 4 cm 
Left    : nilai untuk margin kiri, isikan dengan 4 cm, 
Right   : nilai untuk margin kanan, isikan dengan 3 cm 
Bottom : nilai untuk margin bawah, isikan dengan 3 cm.  
Klik tombol OK.
  1. Setelah mengisikan nilai margin yang baru, ukuran margin tersebut akan disimpan pada item Last Custom Setting.
  2. Selanjutnya bila anda ingin membuat dokumen yang baru dengan margin yang sama, anda tinggal memilih item Last Custom Setting tersebut.
*      Langkah mencetak dokumen
  1. Buka file yang akan diprint
  2. Klik Ctrl + P atau Office Button – Print untuk membuka kota dialog print
  3. Lakukan pengaturan :
1.       Name ~ memilih printer yang akan digunakan
2.       Number of Copies ~ menentukan jumlah salinan (copian)
3.       Page Range :
    • All – mencetak semua halaman dokumen
    • Current Page – mencetak halaman yang sedang aktif
    • Selection – mencetak halaman yang sudah dipilih
    • Pages – mencetak halaman tertentu (1,2,5,7 atau 1-5)
             4.   Print :
  1. Print what – menentukan bagian dokumen yang akan dicetak
  2. All pages in range – mencetak semua halaman dokumen
  3. Odd pages – mencetak halaman ganjil dokumen (1,3,5 …)
  4. Even pages – mencetak halaman genap dokumen (2,4,6 …)
  5. Collate ~ jika dicentang akan mencetak keseluruhan dokumen kemudian rangkapannya (berdasar number of copies), dan jika tidak dicentang akan mencetak setiap halaman beserta rangkapannya langsung
  6. Properties ~ setting ukuran kertas, bentuk pencetakan dan pewarnaan
  7. Zoom ~ Page per sheet digunakan untuk memilih jumlah halaman dokumen yang akan dicetak dalam satu lembar dan Scale to paper size digunakan untuk memilih ukuran kertas
  8. Klik OK untuk memulai pencetakan
*      Langkah mengatur spasi baris  
1.       Sebelum menulis dilembar kerja, kita bisa langsung mengatur jarak spasi. Atau bisa juga mengetik dahulu kemudian baru diatur jarak spasinya, tentu saja sebelum diatur jarak spasinya, ketikan harus diblok terlebih dahulu.
2.       Klik menu Home kemudian pilih tanda panah dipojok kanan bawah pada group menu Paragraph.
3.       Klik tab Indents and Spacing,pada pilihan Line Spacing klik tombol dropdown disebelah tulisan single.
4.       Pilih salah satu pilihan spasi yang tersedia single, 1,5 atau double.
5.       Jika anda menginginkan spasi sendiri, maka setelah menekan tombol dropdown pilihlah pilihan multiple.
6.       Disebelah kanannya terdapat pilihan At. Dan isilah sesuai yang anda inginkan, missal spasi 1,3 ; 1,7 ; 2,2 atau yang lainnya.
7.       Klik OK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar